Sunday, December 18, 2011

Turunkan Berat Badan Dengan Diet Rendah Karbohidrat

Sayuran lezat rendah karbohidrat
Selama ini kita terpaku pada menghitung jumlah pemasukan kalori ketika berdiet, sekarang ada cara yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan, yaitu diet rendah karbohidrat. Tidak perlu repot menghitung kalori setiap makanan yang Anda konsumsi. Dengan rendahnya pemasukan karbohidrat maka pemasukan kalori pun menurun.


Anda pun bertanya-tanya,mengapa kita harus mengurangi karbohidrat ? Padahal karbohidrat merupakan sumber energi. Karbohidrat terbagi dalam 2 kategori yaitu :
  • Karbohidrat kompleks - Jenis karbohidrat lama dicerna oleh tubuh, sehingga kita tidak cepat merasa lapar. Nasi, pasta, kentang, roti, jagung, gandum merupakan golongan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang baik karena lebih lama dicerna tubuh dan rendah glikemik indeks. 
  • Karbohidrat sederhana - Nah, Anda harus berhati-hati dengan karbohidrat jenis ini. Karbohirat ini sering bersembunyi dibalik makanan yang Anda makan. Karbohidrat sederhana mudah diserap oleh tubuh dan langsung digunakan sebagai energi. Kalau Anda termasuk orang yang sangat-sangat aktif masih ada toleransi, tetapi kalau Anda bergaya hidup malas-malasan jangan kaget suatu saat terkena diabetes atau stroke. Apa saja yang termasuk dalam karbohidrat sederhana? Semua jenis gula, susu, kue-kue dan sirup. 
Diet rendah karbohidrat ini dipelopori oleh Dr. Atkins untuk membantu para penderita jantung. Meskipun diwarnai pro dan kontra, diet rendah karbohidrat terbukti dapat menurunkan berat badan tanpa harus pusing menghitung jumlah kalori. Untuk saya pribadi, saya hanya memperbanyak pemasukan protein, ketika lapar saya cukup mengkonsumsi protein seperti kacang-kacangan, buah kiwi, apel, alpukat. Dan untuk makan besar, saya mengganti nasi dengan protein dengan porsi lebih. Misalnya, untuk mengenyangkan perut, saya membutuhkan : 1 dada ayam yang dipanggang, wortel dipotong besar dan kacang merah. 

Kunci dari diet rendah karbohidrat ini adalah mengurangi jumlah konsumsi karbohidrat per hari. Saya pribadi tidak mengkonsumsi karbohidrat lebih dari 150g per hari. Cukup mengenyangkan untuk saya, tidak perlu khawatir dengan jumlah kalori yang masuk dan saya tetap bisa makan tanpa perlu merasa kelaparan. 

Coba trik ini : 
Pagi --  adalah saat tepat untuk mengkonsumsi karbohidrat sebagai bahan bakar, ambil 2 buah roti gandum untuk mengawali hari Anda
Selingan pagi - buah-buahan seperti apel, pir, pepaya, melon, kiwi, alpukat, kacang-kacangan, atau semangkuk salad sayuran
Makan siang -- 1 buah dada ayam yang dipanggang, tempe,wortel dan telur
Selingan siang - Sayuran, tempe dan tahu
Makan malam - tumis sayuran, ikan tuna, dan wortel

Menu makan siang rendah karbohidrat setelah berolahraga
telur ceplok sambal tomat, tumis sayuran, yoghurt tawar 
dan buah potong segar
Akhirnya, Anda akan lebih banyak makan dengan porsi kecil agar Anda selalu merasa kenyang. Selama Anda berani hanya mengkonsumsi protein, maka berat badan pun mulai menurun. Berani coba?

No comments:

Post a Comment