Saturday, December 10, 2011

6 Alasan Mengapa Wanita Perlu Latihan Beban

Sudah menjadi rahasia umum bahwa latihan beban sangat penting untuk membangun dan menjaga masa otot. Tetapi masih banyak kaum wanita yang lebih mementingkan latihan kardio karena dengan banyak latihan kardio maka, banyak juga kalori yang terbakar. Alasan lain wanita lebih menyukai latihan kardio, adalah kekhawatiran yang tinggi kalau badan mereka akan berotot seperti laki-laki. Ini merupakan fenomena yang sangat disayangkan.


Berikut, saya akan memaparkan 6 alasan mengapa latihan beban diperlukan oleh wanita :


1. Anda akan lebih kuat secara fisik
 Sebuah studi menyatakan bahwa latihan beban secara teratur dapat meningkatkan kekuatan fisik pada wanita sebanyak 30-50 persen. Bahkan dengan berlatih beban, wanita dapat meningkatkan kekuatan fisiknya sama dengan pria. Bila secara fisik Anda terlatih, maka akan memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari, misalnya : menggendong anak, membersihkan rumah, berbelanja kebutuhan sehari-hari dan lain-lain. Dengan meningkatnya kekuatan fisik Anda, maka kemungkinan untuk terjadinya cedera semakin mengecil.
2. Berkurangnya lemak tubuh
Wayne Wescott ,PhD, seorang peneliti dari YMCA, Massachusetts menemukan berlatih beban sebanyak 2-3 kali seminggu dapat mengurangi lemak yang terdapat di tubuh. Berkurangnya lemak di tubuh, dan meningkatnya massa otot, maka semakin tinggi tingkat metabolismenya, sehingga makin cepat proses penurunan berat badan.
3. Mengurangi resiko osteoporosis
Pencegahan osteoporosis tidak harus mengkonsumsi susu setiap hari. Dengan berlatih beban resiko osteoporosis pun berkurang. Hal dikarenakan meningkatnya kepadatan mineral di tulang belakang.
4. Tubuh anda menjadi lebih kuat tanpa harus terlihat seperti 'Hulk'
Hal ini karena perbedaan hormon pada wanita dan pria. Jadi tidak ada alasan untuk terlalu khawatir bahwa tubuh Anda akan berubah seperti laki-laki.
5. Terlihat lebih langsing
Meningkatnya masa otot dan berkurangnya lemak pada tubuh membuat tubuh Anda terlihat lebih langsing. Karena otot sendiri lebih berat dibanding lemak.
6. Membakar kalori meskipun tidak berolahraga
Tidak seperti latihan kardio yang hanya membakar kalori pada saat itu juga. Dengan latihan beban, otot Anda bekerja efektif ketika Anda sedang berisitirahat. Otot bekerja bahkan 30-40 jam setelah Anda berlatih.






No comments:

Post a Comment