Tuesday, December 27, 2011

Fakta Pahit Si Gula

Siapa yang tak suka dengan gula ? Rasanya yang manis, sangat cocok untuk teman minum teh atau kopi. Kue-kue cantik pun tidak akan lezat tanpa kehadiran si gula. Gula juga sering digunakan untuk penyedap rasa, mengimbangi rasa asin sehingga makanan menjadi gurih. Kegunaan gula yang lain adalah sebagai pengawet makanan.
Makanan/minuman berkemasan biasanya mengandung gula yang sangat tinggi.

Gula dapat ditemukan dalam beberapa jenis ( selain gula pasir ), yaitu pada sirup, malt, dan buah-buahan. Beberapa buah mengandung gula yang tinggi, seperti : mangga, pisang, rambutan, durian, dan anggur. Sehingga jenis buah tersebut dianjurkan untuk dihindari bagi penderita diabetes dan para penganut diet rendah karbohidrat ( seperti saya :) ).

Gula merupakan jenis karbohidrat sederhana yang mudah diserap oleh tubuh dan dijadikan sumber energi. Jangan heran, banyak minuman/makanan suplemen yang menggaungkan penambah energi dan tidak cepat loyo justru mengandung gula yang sangat tinggi.

Seseorang yang sehat hanya membutuhkan 40gram gula setiap harinya. Apabila anda seorang penderita diabetes, maka kebutuhan gula Anda dibawah angka 40gram.

Mengapa gula bisa berbahaya untuk kesehatan ? Dibaawah ini adalah beberapa hal yang berbahaya dari gula :
1. Gula dapat mempercepat produksi trigliserid ( menimbulkan kolesterol )
2. Gula menganggu dalam penyerapan kaslium dan magnesium
3. Menganggu imunitas tubuh
4. Dapat meningkatkan resiko kanker payudara, rahim dan prostat.
5. Meningkatkan resiko penyakit jantung dan ( tentu saja, diabetes )
6. Mempercepat proses penuaan


Manisnya gula tak semanis efeknya

Sebuah studi di Amerika Serikat bahkan menyatakan pengkomsusian gula yang berlebih menimbulkan kerusakan pada yang lebih besar dibanding merokok.

Meskipun sudah banyak alternatif sebagai pengganti gula, tetap saja konsumsi gula harus dikurangi. Membiasakan tubuh Anda dengan tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi dan buah dengan rendah gula seperti, apel, stroberi, kiwi, lemon, pepaya dan semangka.

PS : Tahukah Anda kalau Indonesia berada dalam posisi no. 4 pengkonsumsi gula terbanyak di dunia ?


No comments:

Post a Comment