Monday, December 26, 2011

Menjadi Pemakan Yang Sehat Daripada Harus Membakar Kalori

Ketika Anda Mengkonsumsi suatu makanan; terutama yang tinggi lemak jahat, karbohidrat, gula dan garam, pernah terpikirkan usaha yang Anda harus lakukan mengurangi atau menghilangkan kalori yang sudah masuk ? Efek yang terjadi pada ukuran pinggang Anda? Lemak yang tersimpan di bagian perut dan paha ?
Dari pengamatan saya, banyak orang berolahraga dan kemudian melupakan pola makan yang sehat. Mereka menganggap bahwa karena sudah berolahraga mereka bebas mengkonsumsi apa saja, tanpa melihat lagi apakah makanan tersebut sehat atau tidak. 


Dibawah ini gambaran singkat jumlah kalori yang terdapat dalam suatu makanan atau minuman :

  • Croissant - 1 buah croissant tawar mengandung 270 kalori, 28 gram karbohidrat, 4 gram gula
  • Mie - 160 gram mie mengandung 221 kalori, 40 gram karbohidrat dan 0.6 gram gula
  • Donat - 1 buah donat lapis gula sama dengan 250-300 kalori, 39gram karbohidrat, 18 gram gula. Perlu dicatat, semakin banyak lapisan pada donat maka semakin tinggi pula kalori, karbohidrat dan gula. 
  • Kue Kering - dalam 1 keping kue kering mengandung 66 kalori, 8.4 gram karbohidrat, dan 3.5gram gula. 
  • Green Tea Latte - 1 gelas medium green tea latte sama dengan 290 kalori, 57 gram karbohidrat dan 56.5 gram gula
  • Es krim coklat - 1 scoop es krim ( kira-kira 100gram ) mengandung 260 kalori, 33 gram karbohidrat dan 31 gram gula. 
Sekarang, mari kita kalkulasikan usaha apa yang Anda harus lakukan setelah Anda mengkonsumsi makanan atau minuman di atas. Untuk membakar 300 kalori, Anda harus berlari sejauh 5km dengan kecepatan 8.7km/jam, 50 menit aerobik intensitas tinggi dan kabar buruknya adalah meskipun melakukan 500 kali sit-up lemak yang tersimpan dalam perut tidak langsung menghilang dengan sendirinya. 

Satu gelas green tea latte ini bisa membuat Anda untuk
berlari 5km dengan kecepatan 8.7 km/jam. Mau  ?
Hanya catatan saja, dalam sehari tubuh kita hanya perlu 300gram karbohidrat ( maksimum ). Lebih dari itu, tubuh akan menyimpan karbhidrat sebagai lemak dan bertengger manis di perut Anda. 

Contoh : Dalam 1 hari itu Anda mengkonsumsi green tea latte dari Starbucks, maka total karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh adalah 57 gram karbohidrat ditambah 56.5 gram gula ( gula merupakan karbohidrat ) yaitu 120.5gram !

Untuk menurunkan berat badan, konsumsi karbohidrat pun haru dikurangi, idealnya 100-150gram/ hari. Nah, hanya dengan 1 gelas green tea latte Anda sudah menghabiskan jatah karbohidrat Anda. 

Kesimpulannya? lebih mudah untuk mengkonsumsi makanan yang baik, rendah karbohidrat, rendah gula daripada berusaha keras untuk membakar kalori. Semakin banyak kalori yang masuk, semakin keras usaha yang harus dilakukan. 

No comments:

Post a Comment