Sunday, December 11, 2011

Spice Up Your Meals!

Siapa bilang kalau makanan diet itu identik dengan tanpa rasa,hambar, tidak sedap, membosankan dan selalu direbus ? Kenyataannya tidak kok. Indonesia terkenal dengan rempah-rempah yang melimpah, dan berbagai jenis, sayang sekali kalau disia-siakan begitu saja.
Kebetulan saya hobi sekali memasak, tetapi memasak makanan rendah karbohidrat, garam dan gula merupakan tantangan sendiri. Apalagi kalau lidah sudah terbiasa mengecap masakan yang gurih dan asin. Triknya ? Saya selalu menambahkan bahan-bahan atau bumbu dibawah ini :

1. Pala BubukMerupakan penyelamat no.1 ketika memasak daging dan ayam. Campurkan pala bubuk untuk daging giling lalu buat menjadi bola-bola atau bisa juga untuk membuat daging burger.





2. Bawang Bombay
Ketika membuat makanan tanpa/rendah garam, tambahkan bawang bombay ekstra agar makanan Anda kaya rasa. Saya paling menyukai bawang bombay dikaramel untuk campuran 'side dish' atau salad saya. Bawang bombay juga dapat digunakan sebagai penambah rasa untuk tumisan, sop atau saus rendaman.
3. Jahe
Bahan yang satu ini merupakan bahan wajib dalam makanan Cina, sebagai penggemar makanan Cina tentu saja jahe merupakan penambah rasa masakan saya. Terutama masakan yang ditumis. Tidak hanya sebagai penyedap masakan, jahe juga mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan.
4. Bawang Putih 
Bawang putih terkenal dengan khasiatnya untuk menurunkan kolestrol darah. Manfaatkan bawang putih semaksimalnya untuk kelezatan masakan Anda.
5. Biji dan Daun Ketumbar
Sering digunakan di masakan Thailand, baunya yang khas dan menyegarkan sangat cocok ditambahkan untuk sup, telur dadar bahkan masakan berbahan ikan ataupun daging. Untuk biji ketumbar juga populer untuk masakan Indonesia.

6. Bawang Merah
Meskipun sering membuat mata Anda berair, bawang merah menjadi bumbu andalan sebagai penyedap rasa masakan Anda. Sangat mudah didapat dan harga sangat terjankau.
Masih banyak bumbu dan bahan yang dapat Anda tambahkan untuk penambah rasa alami, seperti daun bawang, daun seledri, bumbu kari bubuk dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut tidak mempunyai kalori dan tidak membahayakan untuk kesehatan. Jadi, beranikan untuk bersekperimen berbagai macam masakan diet untuk Anda sendiri.

No comments:

Post a Comment