Saturday, December 3, 2011

Camilan Tanpa Dosa

Makanan selingan sering kali menjadi bumerang bagi yang melakukan program penurunan berat badan atau Anda yang ingin menjaga berat badan agar stabil. Kita sering tak sadar bahwa dalam camilan pun kandungan kalori, lemak,gula dan karbohidrat dapat lebih tinggi dari pada makanan utama.


Tapi jangan khawatir karena masih banyak camilan tanpa harus merasa berdosa, ini adalah beberapa camilan favorit saya :


Edamame 
Kacang kedelai khas Jepang ini kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B, isoflavon dan sumber antioksidan. Edamame sangat rendah lemak dan karbohidrat dan sebaliknya tinggi akan proteinnya. Berita baik bagi Anda penderita kolestrol tinggi, Anda tak perlu khawatir berapa banyak Anda mengkonsumsi edamame, karena edamame sama sekali tidak mengandung kolesterol.


Edamame sangat mudah untuk disiapkan, cukup direbus dalam air mendidih selama 2-3 menit dan siap disantap. Edamame juga lezat untuk campuran salad. Beberapa edamame dibubuhi garam untuk menambah rasa, tapi bagi saya edamame cukup lezat tanpa campuran apapun. Karena rasa edamame sudah cukup manis.


Keju Cheddar
Tanpa bermaksud promosi, keju cheddar dari Kraft merupakan camilan favorit dan penambah energi sebelum atau sesudah olahraga. Keju cheddar ini sudah berbentuk potongan segi empat sehingga mudah dibawa. Dalam setiap potong keju ini, tidak terdapat karbohidrat dan rendah gula. Rasanya yang enak dan agak asin, dapat mengobati ketika Anda tergiur untuk menyantap produk susu.


Buah Kiwi
Saya tak pernah bosan menyantap buah ini. Buah kiwi mengandung vitamin C lebih tinggi daripada jeruk, kaya akan serat, rendah kalori dan rendah karbohidrat. Buah kiwi merupakan makanan wajib saya di pagi hari dan siang sebagai makanan penutup. Psst...mungkin agak terdengar aneh, tapi saya menyukai kombinasi rasa antara buah kiwi dicampur dengan keju cheddar.


Kacang-kacangan
Variasikan camilan Anda dengan kacang-kacangan. Kacang merupakan sumber protein dan dapat menurunkan kolesterol. Kacang rendah akan karbohidrat dan sarat akan polyphenol serta kaya akan vitamin E. Keuntungan lain dari mengkonsumsi kacang adalah dapat menurunkan resiko jantung.
Tetapi hati-hati dengan jenis kacang yang ada. Pastikan Anda mengkonsumsi kacang rebus tanpa tambahan garam. Hindari kacang atom atau yang berlapis tepung.


Apel
Ungkapan lama "One apple a day keeps a doctor away" masih berlaku sampai sekarang. Apel rendah karbohidrat dan gula tetapi sangat mengenyangkan untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi apel secara rutin dapat menurunkan resiko kanker dan jantung. Apel juga sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh Anda. Sebuah riset menyatakan mengkonsumsi apel selama seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 16%.

Ketika memilih camilan, pastikan untuk membaca label nutrisi yang terdapat dalam kemasan. Hal ini untuk menghindari pemasukan kalori, gula dan karbohidrat yang berlebih.

No comments:

Post a Comment