Monday, January 2, 2012

Tips Latihan Untuk Pemula

Selamat tahun baru semuanya! Jadi..Anda memutuskan untuk memulai hidup sehat dengan berolahraga ? Wahh...selamat yaa..meskipun berolahraga sangat bagus untuk Anda, ada rambu-rambu yang harus dipatuhi agar mendapatkan hasil yang maksimal dari olahraga.


1. Cek ke dokter apa bila Anda mempunyai keluhan ini :
Terdeteksi dengan hipertensi, sakit jantung, diabetes, sedang hamil atau susah hamil, mengalami cedera, dan sudah lama tidak berolahraga.


2. Apapun tujuan Anda untuk berolahraga ( dari untuk membangun massa otot, menurunkan atau menambah berat badan ), selalu siapkan tujuan yang jelas dan waktu yang jelas.


3. Lepaskan ego Anda - berhentilah membandingkan diri Anda dengan orang lain dengan Anda sendiri. Berolahraga adalah perkembangan diri Anda sendiri. Bandingkan diri Anda sewaktu belum berolahraga dengan    ketika Anda sudah berolahraga.


4. Mencatat kemajuan Anda - ini sangat penting untuk mengevaluasi diri, dan sejauh mana Anda untuk berhasil.


5. Konsisten - Ketika memutuskan untuk berolahraga, tetaplah untuk selalu berolahraga bahkan ketika motivasi  Anda menipis, cari kembali motivasi itu dan kembali berolahraga.


6. Memulai dengan hal yang sederhana - Untuk pemula carilah olahraga yang tidak terlalu berat. Berjalan selama 30 menit adalah yang terbaik. Tidak perlu langsung olahraga gila-gilaan dan berjam-jam hanya karena ingin langsung kurus. Hal tersebut hanya membahayakan diri Anda sendiri. Pilihan lain adalah berenang. Berenang sangat bagus untuk meningkatkan detak jantung Anda, dan rendah resiko untuk cedera. 


7. Edukasikan diri Anda - Sebelum memulai olahraga, carilah berbagai macam informasi dengan banyak membaca dan melihat video tentang olahraga untuk pemula. Anda perlu mengetahui olahraga yang terbaik untuk Anda, bukan yang sedang trend saat ini atau yang paling cepat untuk kurus. 


8. Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan - siapkan tubuh Anda dengan melakukan pemanasan sebelum berolahraga untuk menaikan detak jantung sehingga pembakaran lemak lebih efisien dan menghindari cedera. Pemanasan bisa dilakukan dengan berjalan selama 15 menit, dan menaikan kecepatan Anda setelah 15 menit. Setelah selesai, lakukan pendinginan dengan berjalan lebih lambat. 


9. Menyewa pelatih pribadi - apabila keadaan memungkinkan, sewalah pelatih pribadi untuk membantu Anda membuat program yang sesuai, membantu Anda ketika berolahraga dan memastikan Anda selalu dalam jalur yang tepat. 





No comments:

Post a Comment