Wednesday, January 11, 2012

Tips dan Trik Diet Rendah Karbohidrat ( Berdasarkan Pengalaman Pribadi )

Bagi yang sudah pernah melakukan atau mencoba diet rendah karbohidrat pasti merasakan beratnya mengalami perubahan pola makan, apalagi orang Indonesia sangat terbiasa dengan mengkonsumsi nasi. Saya pun juga mengalami hal yang sama, maka dari itu, kali ini saya membagi tips dan trik agar diet rendah karbohidrat Anda berhasil.

1. Mencari Berbagai Informasi

Carilah sebanyak-banyakya informasi tentang diet karbohidrat ini. Ada berbagai macam versi diet rendah karbohidrat, makanan rendah karbohidrat, buah-buahan dan sayuran. Cara paling mudah yaitu dari Internet, banyak sekali informasi, pro dan kontra tentang diet karbohidrat. Setelah banyak mendapatkan informasi Anda bisa menerapkan mana yang terbaik untuk diri Anda. 
Gaya diet rendah karbohidrat saya termasuk "free style" , saya menerapkan diet rendah karbohidrat dengan gaya sendiri, makanan yang saya sukai. Semua orang mempunyai preferensi yang berbeda ketika berbicara tentang makanan. Jadi, mulailah menggali informasi dan pilih yang cocok untuk Anda

2. Mengurangi Konsumsi Gula 
Sekali lagi, gula adalah karbohidrat! Meskipun Anda tidak mengkonsumsi atau mengurangi nasi, tetapi konsumsi gula jalan terus, diet rendah karbohidrat tidak akan berhasil. Gula adalah karbohidrat sederhana, cepat memberikan energi tetapi, cepat habisnya. Gula juga tinggi kalori. Mengganti gula dengan pemanis buatan juga bukan solusi tepat. 
Konsumsi gula terus-menerus, membuat tubuh Anda resistan terhadap gula. Tubuhpun tidak mendeteksi adanya gula sehingga Anda pun  selalu 'lapar' dengan gula. 


3. Membiasakan Untuk Membaca Label Nutrisi 
Ini yang sering terlewatkan oleh kita. Membaca label nutrisi sangat esensial bagi penganut diet rendah karbohidrat, karena kita harus tahu seberapa banyak kandungan karbohidrat dan gula dalam kemasan tersebut. Kita juga sering terkecoh dengan embel-embel 'Rendah lemak', 'Penambah Energi','Kaya Serat' dan sebagainya. Tetapi dibalik itu kaya akan kandungan gula, yang akhirnya tinggi karbohidrat. Sediakan selalu waktu untuk membaca label nutrisi, dan lihat perubahan pada diri Anda. 


4. Mengubah Pola Pikir
Ketika dianjurkan untuk berdiet, yang selalu terpatri di pikiran kita adalah berbagai larangan untuk mengkonsumsi makanan favorit kita, sehingga kita pun kehilangan motivasi dan kembali ke pola makan semula. Akan lebih produktif dengan mengeksplorasi jenis makanan yang dapat kita konsumsi. Cari resep-resep rendah karbohidrat dan temukan betapa variatifnya makanan yang dapat Anda konsumsi!
Diet rendah karbohidrat adalah perubahan gaya hidup dan sifatnya jangka panjang.

5. Bersabar
Pepatah lama "Roma Tidak Dibangun Dalam Waktu Semalam" masih berlaku sampai sekarang. Tubuh Anda butuh penyesuaian dengan pola makan yang baru. Dan apabila Anda mempraktekkan diet rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan, maka harus bersabar. Berat badan Anda tidak naik dalam sekejap bukan? Menurunkannya pun tidak dalam sekejap, jadi bersabarlah. 

6. Makan Ketika Anda Lapar
Diet rendah karbohidrat yang saya jalani cukup fleksibel, ketika lapar, ya..harus makan. Dari semua ahli fitness dan gizi modern, menganjurkan untuk makan 2-3 jam sekali. Tahukah Anda bahwa sering makan malah meningkatkan metabolisme tubuh Anda ? Tetapi ingat, ketika lapar, tetap mengacu pada makanan yang rendah karbohidrat. Pilihan tepat untuk camilan adalah kacang tanah rebus, edamame ( kedelai jepang ),sayuran dan buah rendah gula. 
Ingat : Menahan lapar hanya akan membuat Anda kalap makan. 

7. Carilah Dukungan
Ketika mengalami benturan ataupun halangan, Anda butuh seseorang untuk memberikan kembali energi positif untuk Anda. Berkumpul dengan orang-orang yang positif sangat berguna untuk kepercayaan diri Anda. BTW, follow twitter @warnawarnisehat untuk diet rendah karbohidrat, dukungan moral ketika berdiet dan olahraga. 






No comments:

Post a Comment