Monday, January 23, 2012

Pentingnya Beristirahat Untuk Penurunan Berat Badan

Hal yang sering dilupakan : ISTIRAHAT

Tunjuk tangan bagi Anda yang merasa sudah menghabiskan berjam-jam berolahraga tetapi angka timbangan enggan bergerak ke kiri, yang Anda terima malah bertambahnya berat badan Anda. Merasa frustasi dengan hasil olahraga Anda, sehingga Anda pun menyerah begitu saja, pasrah dengan hasil timbangan.

Kalau itu yang terjadi dengan diri Anda, mari kita mengevaluasi olahraga Anda. Memang diperlukan pembakaran kalori yaitu dengan berolahraga. Tetapi yang perlu diingat adalah : Anda buAkan seorang atlit yang akan bertanding untuk olimpiade dan mendedikasikan waktunya untuk berlatih.

Jangka waktu maksimal untuk berolahraga hanyalah dua jam saja. Dua jam sudah paling maksimal. Minimal waktu adalah 30 menit. Mengapa ? Bayangkan Anda sudah beraktifitas sejak pagi hingga sore, dan dilanjutkan dengan berolahraga. Anda merasa lelah, tubuh pun rasanya pegal-pegal, kadang Anda jatuh sakit karena terlalu lelah.

Banyak yang melupakan istirahat karena takut target berat badan yang diimpikan tak tercapai. Tahukah Anda, ketika tubuh Anda kelelahan, terjadi penambahan 200 kalori. Anda merasa stress fisik dan psikis. Dan bagi beberapa orang, ketika stress terjadi mereka berlari ke makanan sebagai rasa nyaman.

Tubuh Anda mengeluarkan hormon kortisol yang merupakan hormon stress apabila berolahraga berlebihan, yang merupakan kebalikan dari hormon endorfin yang memberikan rasa bahagia.

Beristirahat setelah berolahraga berguna untuk pengembangan massa otot, membuat olahraga semakin efektif. Beristirahat juga meredam hormon kortisol.

Beristirahat juga mengurangi nafsu makan yang berlebih. Coba lakukan berolahraga hanya 1 jam dan berolahraga 3 jam. Lihat perbedaannya? Dari pengalaman pribadi, nafsu makan akan meningkat ketika olahraga berlebih. Tubuh merasa lelah, dan mengirim sinyal lapar ke otak ( tubuh memerlukan energi untuk mengganti sel-sel yang rusak ).

Jadi, meskipun Anda sangat bersemangat menurunkan berat badan, sediakan waktu untuk beristirahat. Dengarkan tubuh Anda. Beristirahat 1-2 hari setelah Anda berolahraga.

Kesimpulannya : Beristirahat dapat membantu penurunan berat badan karena : menghilangkan hormon kortisol, mengembangkan massa otot ( yang berguna untuk menghilangkan lemak ), meningkatkan metabolisme, dan meredam nafsu makan berlebih

No comments:

Post a Comment