Monday, January 30, 2012

Olahraga Untuk Obesitas


Akhir-akhir ini kita sering mendengar tentang obesitas, dan biasanya pemecahan dari masalah ini adalah dengan melakukan operasi, akupuntur atau bahkan diet super ketat, barulah mereka berolahraga. Bagi yang mengalami masalah dengan obesitas, olahraga bukanlah pantangan.

Memulai olahraga bagi tubuh ukuran plus mempunyai trik sendiri. Sebagai langkah awal, apabila Anda sering duduk di depan komputer terlalu lama mulailah bergerak lebih aktif, parkir mobil Anda sedikit lebih jauh daripada biasanya. Apabila Anda menggunakan kendaraan umum, turunlah sedikit lebih jauh dari tujuan Anda. Pada dasarnya Anda bisa memulai bergerak lebih aktif dan banyak daripada biasanya. Ketika tubuh Anda sudah terbiasa berjalanlah lebih jauh atau lebih cepat. Janglah berpikir bahwan berjalan kaki tidak akan mengubah hidup Anda.

Latihan beban merupakan alternatif yang cocok bagi obesitas, karena tidak membahayakan lutut Anda. Meskipun, Anda sangat menginginkan turunnya angka timbangam, berolahraga dengan intesitas tinggi dan high impact tidaklah dianjurkan karena bisa meyebabkan cedera.

Olahraga kardiovaskular yang bisa dilakukan orang obesitas adalah berenang. Dengan berenang, Anda menggunakan semua otot di tubuh Anda, dan kemungkinan kecil untuk cedera.

Prinsip olahraga yang cocok bagi penderita obesitas adalah sesuatu yang low impact, dan dapat dimulai dari hal yang kecil, mudah dan yang Anda senangi.

Sedikit saran bagi Anda yang baru saja memulai olahraga adalah tidak cepat terintimidasi dengan orang-orang yang sudah lama berolahraga. Ciptakan tujuan yang realistis. Bila Anda mempunyai budget lebih, sewalah pelatih pribadi agar latihan Anda terprogram dan terukur dengan baik.

Ingatlah semua hal dilakukan dari hal yang kecil. Selalu SEMANGAT!!

No comments:

Post a Comment