Monday, January 9, 2012

5 Alasan Memilih Diet Rendah Karbohidrat


Banyak artikel kesehatan dan pakar kesehatan menyarankan untuk diet rendah kalori, hindari lemak, hanya mengkonsumsi buah dan sayur, food combining dan meningkatkan konsumsi kabohidrat. Semua orang tahu bahwa karbohidrat merupakan sumber energi untuk tubuh, dan mengapa kita harus mengurangi konsumsi karbohidrat ?
Inilah alasan mengapa kita perlu mengurangi karbohidrat :

1. Karbohidrat Menjadi Lemak
Karbohidrat yang tidak terpakai oleh tubuh akan tersimpan sebagai lemak. Apabila makan 3 kali dengan jumlah karbohidrat yang besar dan aktifitas yang rendah, maka karbohidrat yang Anda konsumsi akan menjadi lemak, itulah yang membuat lingkar pinggang Anda membesar. 

2. Mengurangi Resiko Diabetes
Karbohidrat banyak terdapat di gula, pemanis buatan, makanan siap saji, makanan kemasan, dan minuman penambah energi. Yang sebenarnya tinggi kalori dan otomatis tinggi karbohidrat. Meskipun tubuh cepat mendapatkan energi dari gula, tetapi tanpa kita sadari adalah energi pun cepat habis, dan kita merasa lapar kembali. Kurangi gula = mengurangi karbohidrat = mengurangi kalori = mengurangi resiko diabetes.

3. Perut Lebih Ramping
Banyak orang untuk mengurangi lingkar pinggang dan perut ramping adalah dengan sit up ratusan kali, tetapi banyak yang kecewa dengan hasilnya. "Anda adalah apa yang Anda makan" masih berlaku apabila ingin mendapatkan perut ramping. Logikanya : Semakin tinggi konsumsi karbohidrat, semakin tebal lemak yang berkumpul di sekitar perut,dan paha. Jadi, kurangi karbohidrat Anda, terutama di malam hari ( kalau mungkin tidak konsumsi karbohidrat di malam hari ).

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Berapa ukuran lingkar pinggang Anda ? Apabila Anda wanita ukurang lingkar pinggang yang normal adalah 88cm dan pria 101cm. Apabila lebih dari angka tersebut, maka resiko untuk terkena penyakit jantung meningkat. Lihat kembali no. 3 mengapa diet rendah karbohidrat sangat disarankan untuk perut lebih ramping. 

5. Makan Banyak Tetapi Berat Badan Turun
Penganut diet rendah karbohidrat mengganti karbohidratnya dengan protein, lemak tak jenuh, sayur dan buah rendah gula. Dianjurkan untuk makan 5-6 kali sehari makanan tinggi protein untuk menutrisi tubuh. Keuntungannya adalah : meningkatnya metabolisme yang berimbas dengan turunnya berat badan. 

No comments:

Post a Comment