Tuesday, January 3, 2012

Bagaimana Meningkatkan Metabolisme

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan meningkatkan metabolisme. Tapi bagaimana ? Sudah menjadi budaya bahwa kita harus makan 3 kali sehari. Sebisa mungkin menghindari makan selingan (ngemil ), menghindari makan malam. Dan terpatri dalam pikiran kita bahwa untuk langsing adalah dengan mengurangi makan. Benarkah ? Masih suka bertanya-tanya sudah mengurangi mati-matian tapi angka timbangan masih di angka yang sama ? 

Beberapa orang memang diberkati dengan metabolisme yang tinggi, tapi jangan salah metabolisme itu sangat mudah ditingkatkan dan memudahkan kita untuk menurunkan berat badan. 

Sekarang, lupakan dengan pola pikir makan hanya 3x sehari. Kalau Anda ingin mengatur nafsu makan, maka aturlah kadar gula dalam darah Anda. Ketika Anda mengurangi makan dan menahan lapar maka kadar gula akan menurun, inilah yang menyebabkan Anda makan berlebihan. Untuk mengindari ini adalah makan sebanyak  5-6 kali dalam sehari. 

Inilah alasannya :
Tubuh Anda membutuhkan energi untuk proses metabolisme, energi didapat dari makanan. Sedangkan proses metabolisme itu terjadi setiap 2-3 jam sekali. Bayangkan kalau Anda menghindari makan cemilan dan menahan lapar. Apabila tidak ada pemasukan energi, maka tubuh Anda akan menggunakan otot sebagai bahan bakar metabolisme. 

Jadi bagaimana ? 
1. Konsumsi karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks di pagi hari. Makan malam seharusnya makan yang paling ringan. Semakin sore hingga malam, kurangi karbohidrat. 
2. Makan sesering mungkin berbeda dengan mengemil keripik atau kue. Tapi lebih banyak yang mengandung protein dan serat. 
3. Latihan beban meningkatkan massa otot. Massa otot yang lebih besar membakar lemak bahkan ketika Anda sedang santai. 
4. Latihan kardio secara teratur untuk pembakaran lemak. Gabungkan kardio dan latihan beban, dan lihat bagaimana perubahannya. 
5. Perbanyak minum air putih, pembakaran kalori akan lebih efektif dibarengi dengan air putih. 



No comments:

Post a Comment