Saturday, February 4, 2012

5 Kesalahan Utama Ketika Latihan


Sudah sering berolahraga tetapi tidak mendapatkan hasil yang Anda inginkan ? Beberapa kesalahan yang saya cantumkan dibawah ini mungkin tidak terdengar fatal, tetapi bisa membuat waktu latihan Anda terbuang sia-sia.

Kesalahan 1  : Tidak Membuat Rencana Latihan 
Datang ke gym bukan hanya datang, olahraga kardio, sedikit latihan beban dan kemudian pulang. Setiap Anda ke gym, rencanakan sebelumnya apa yang akan Anda lakukan, tergantung dari berapa lama Anda akan berolahraga dan frekuensi latihan. Bila Anda banyak mempunyai waktu untuk berolahraga maka pecahlah target otot yang akan dilatih. Misalnya, hari Senin Anda latihan otot bagian atas, keesokannya Anda bisa melatih otot bagian bawah. Sisipkan juga latihan untuk fleksibilitas dan kardiovaskular. Rencanakan latihan apa yang Anda akan lakukan untuk otot dada, otot punggung dan sebagainya. Semuanya harus direncanakan agar latihan Anda lebih efektif dan mencapai target.

Kesalahan 2    : No Pain No Gain
Ini merupakan mitos yang berbahaya untuk kesehatan. Rasa sakit yang ditimbulkan setelah berolahraga bisa disebabkan karena tingginya intesitas latihan dan latihan beban terlalu berat. Kurangnya istirahat akibat tingginya intesitas latihan dapat menyebabkan kerusakan masa otot. Anda pun merasa lelah and kurang termotivasi untuk berolahraga karena rasa sakit.
Tips : lakukan stretching dan pendinginan setelah berolahraga. Tidak perlu olahraga berlebihan hanya demi badan kurus. 

Kesalahan 3 :  Terbatasnya Variasi Latihan
Banyak sekali variasi latihan yang Anda bisa lakukan bahkan untuk satu jenis otot. Anda bisa melakukan dengan bola, kettlebell, dumbell atau tali resistan. Buka diri Anda untuk mempelajari bermacam-macam jenis latihan beban agar tidak cepat merasa bosan. Keluar dari zona nyaman Anda dan lihat kemajuan yang bisa Anda capai. 

Kesalahan 4 : Teknik yang Salah
Penting sekali untuk mempelajari teknik yang benar ketika Anda berlatih beban dan latihan kardiovaskular. Ketika Anda mengikuti suatu kelas aerobik, pastikan Anda mendengarkan dan memperhatikan instruksi dari instruktur. Kesalahan teknik ketika berolahraga hanya mengasilkan latihan yang sia-sia, bahkan untuk yang lebih fatal; cedera. 

Kesalahan 5 : Latihan Beban Membuat Tubuh Wanita Menjadi Besar
Wanita tidak memproduksi cukup hormon testeron seperti halnya pria. Apabila Anda melihat wanita dengan otot yang besar seperti pria, kemungkinan besar menggunakan obat sintetis seperti anabolic steroid. Latihan beban untuk wanita adalah dapat meningkatkan metabolisme, membakar lemak dan mengkuatkan otot. Jadi, untuk membakar lemak lebih banyak tambahkan latihan beban disamping latihan kardiovaskular.

No comments:

Post a Comment