Tuesday, February 14, 2012

6 Kesalahan Latihan Kardio

Untuk menghilangkan lemak yang berlebih di dalam tubuh, latihan kardiovaskular dapat menunjukkan hasil biasa saja atau luar biasa. Tetapi meskipun Anda sering berlatih kardio, sudahkah Anda melakukannya dengan benar?

Mari kita simak kesalahan apa yang sering dilakukan ketika kita melakukan latihan kardio.

Kesalahan #1 : Selalu Melakukan Hal yang Sama

Selalu melakukan latihan kardio yang sama dan akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, merupakan pemikiran kuno. Contohnya : Anda sudah melakukan latihan kardio seperti berjalan di treadmill dengan kecepatan yang selama 6 bulan dan tidak ada hasil yang signifikan, berarti Anda harus melakukan perubahan. Tubuh Anda mempunyai kemampuan untuk berdaptasi dengan latihan yang Anda lakukan. Hal mudah yang bisa Anda lakukan adalah menambah kecepatan berjalan Anda, Anda mungkin bisa mencoba untuk jogging di atas treadmill, atau mencoba latihan kardio yang lain seperti menari, bersepeda. Anda juga bisa mencoba HIIT ( High Intesity Interval Training ), mulai dengan berjalan kecepatan sedang selama 5 menit, lalu berlari cepat selama 60 detik, turunkan kecepatan Anda, lakukan selama 60 detik. Lakukan ini selama 10 kali, lalu 5 menit untuk pendinginan.

Kesalahan #2 : Membaca Koran atau Buku Selama Latihan

Anda pergi ke gym untuk berolahraga bukan? Saya sering melihat banyak orang pria atau wanita membaca buku atau koran ketika mereka melakukan latihan kardio. Sejujurnya, hal ini hanya akan meminimalkan hasil yang ingin dicapai. Karena fokus prioritas hanya pada buku atau koran yang Anda baca.

Kesalahan #3 : Sibuk Dengan Telepon Genggam

Sama seperti kelasahan nomor 2, berbicara di telpon ketika Anda sedang latihan kardio tidak akan membawa hasil apa-apa. Sekarang pikirkanlah, apakah Anda bisa berbicara di telepon ketika melakukan latihan intesistas tinggi ? Yang ada, Anda akan memperlambat langkah Anda ketika berada di atas treadmill. Taruhlah telepon genggam Anda ketika berolahraga apapun olahraga yang Anda lakukan. Simpanlah pembicaraan Anda setelah atau sebelum Anda berolahraga.

Kesalahan #4 : Latihan Kardio Dengan Perut Kosong

Dari mana Anda mendapatkan energi untuk latihan apabila Anda tidak mendapat nutrisi yang cukup sebelum berolahraga ? Konsumsi paling tidak satu buah apel yang rendah karbohidrat, gula alami dari buah bisa menjadi penambah tenaga ketika selama berolahraga. Hal ini membuat tubuh Anda membakar kalori dari makanan yang Anda makan, bukan dari otot. Apabila tubuh kurang mendapat nutrisi makanan, tubuh akan membakar otot sebagai energi.

Kesalahan #5 : Melakukan Peregangan Sebelum Latihan Kardio

Tidak ada gunanya Anda melakukan Peregangan sebelum latihan kardio. Otot Anda masih dalam keadaan "dingin" yang bisa menyebabkan otot Anda tertarik sehingga bisa menyebabkan cedera. Lakukan peregangan setelah pemanasan, atau setelah latihan.

Kesalahan #6 : Latihan Kardio dengan Beban Ditangan

Anda berpikir membawa sepasang dumbells ditangan ketika berjalan di atas treadmill merupakan hal yang efektif untuk membakar kalori, ujung-ujungnya Anda menambah beban yang berlebih untuk tubuh Anda. Simpan dumbells untuk latihan beban yang sebenarnya.

No comments:

Post a Comment